Skip to content

Salinan Putusan MA terhadap Permen ESDM No. 7 Tahun 2012

21 November 2012

Sampai tulisan ini dibuat (21 November 2012) Pemerintah mengaku belum menerima Salinan Putusan Mahkamah Agung membatalkan beberapa Pasal dalam Peraturan Menteri ESDM No. 7 Tahun 2012 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral melalui Pengolahan dan Pemurnian Mineral padahal Putusan sudah dilakukan pada September 2012.

Penulispun belum membaca hasil putusan MA tersebut sehingga dari perspektif hukum  penulis memahami langkah Pemerintah agar tetap memberlakukan Permen ESDM No. 7 Tahun 2012 tersebut sampai menerima Salinan Putusan tersebut. Apa yang harus diubah atau ditanggapi sementara dokumen yang sah belum keluar. Beberapa Pasal yang dibatalkan berasal dari media sehingga belum dapat dijadikan rujukan untuk mengambil Perubahan Kebijakan Pemerintah karena berkaitan dengan Peraturan Perundang-undangan.
 
Harus ada perubahan kinerja dan kebijakan di Mahkamah Agung agar putusan bisa segera diterima oleh Pemohon atau para Pihak. Seperti Salinan Putusan Mahkamah Konstitusi yang bisa kita terima 1 (satu hari) setelah Putusan diketok. Contohnya adalah Uji Materil (Judicial Review) beberapa Pasal yang berkaitan dengan BP MIGAS dalam UU No. 21 Tahun 2001 kemarin dapat kita baca sehari setelah Putusan, sehingga Pemerintahpun bertindak cepat menanggapi hasil Putusan tersebut dan Publik serta para pemangku kepentingan memahami situasi.
 
Sangat berbeda dengan situasi yang berkaitan dengan Ekspor Mineral yang terkait dengan Permen ESDM No. 7 Tahun 2012 ini, semua pihak  bingung termasuk Pemerintah karena belum jelasnya duduk persoalan terkait Putusan MA tersebut sehingga para pemangku kepentingan terutama Perusahaan “wait and see” terhadap kebijakan larangan ekspor ” ore atau raw material” mineral ini. 
 
Kita berharap MA segera mengeluarkan Salinan Putusan dan syukur bisa dibaca oleh Publik sehingga situasi menjadi jelas.
 
(21 November 2012)
One Comment
  1. dony permalink

    policy maker nya aja bingung, apalagi follower nya, tambah bingung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: